Jumat, 19 April 2013

Pasang Hose Kit, Lebih Tahan Suhu Tinggi



Tak jarang sobat melihat ada slang radiator yang mengusung warna berbeda dari slang radiator standar. Ternyata, slang rem aftermarket itu tak hanya berfungsi sebagai part pemanis tampilan pacuan saja, lho! Tapi, memang ada fungsi lainnya.

“Slang yang juga biasa disebut dengan hose kit ini, lebih ditujukan untuk motor yang cenderung bermain di suhu tinggi,” ujar Angga Kurniawan selaku pemilik workshop Anjany Racing di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 21, Jakarta Barat.

Memang! Menurut Angga yang juga kerap turun diajang balap Kejurnas Sport 250 cc ini, hose kit memiliki daya tahan tinggi terhadap suhu mesin. “Bisa tahan hingga 200 derajat celcius,” beber Ayah satu putra ini.

Tak hanya suhu tinggi yang mampu ditahan hose kit alias slang radiator aftermarket ini. Tetapi, juga kuat tahan tekanan alias presure hingga 4 bar. Maklum, motor yang kerap dipacu untuk balap, pastinya mempunyai panas mesin yang lebih tinggi ketimbang pacuan harian.
Bilang Angga, ketika motor berlari, bisa menyentuh suhu mesin 98 - 120 derajat celcius. Pastinya, butuh slang radiator yang mampu melayani aliran water coolant yang tergolong panas. Juga, mampu menjaga tekanan agar cairan pendingin itu tidak rembes atau bocor.

Beragam merek hose kit ditawarkan. Salah satunya, merek NEX yang banyak diaplikasi buat Kawasaki Ninja 250 dan Kawasaki ER-6N. “Untuk ER-6n, dijual Rp 750 ribu. Sedang untuk Ninja 250, Rp 950 ribu,” beber Angga yang bisa ditelepon di (021) 707-11180.

Tetapi pemakaian hose kit tidak ada kaitannya langsung dengan akselerasi mesin lho. Artinya, tidak menambah power pacuan. Tapi, lebih untuk menjaga performa saja. “Sekarang ini banyak juga pemilik motor yang aplikasi untuk sekedar gaya juga sih,” tutup Angga.

Begitu! (motorplus-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar